Polres Singkawang Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan Penugasan ... | Liputan 24 Kalimantan Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Polres Singkawang Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan Penugasan ...

Posted by On 1:06 PM

Polres Singkawang Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan Penugasan ...

Polres Singkawang Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan Penugasan Operasi Aman Nusa II

Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat memimpin apel kesiapsiagaan satuan penugasan operasi aman nusa II.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat memimpin apel kesiapsiagaan satuan penugasan operasi aman nusa II, di halaman Polres kota setempat, Jumat (8/12/2017).

Pelaksanaan apel ini menurutnya bertujuan untuk mengecek peralatan, sarana dan prasarana serta kesiapan personil dalam menghadapi kontijensi penanganan bencana alam di wilayah Kota Singkawang.

"Kegiatan ini, mengacu pada rencana kontijensi "Aman Nusa II-2017" Nomor: Renkon/55/I/2017 tanggal 16 Ja nuari 2017 tentang menghadapi kontijensi bencana tahun 2017. Dengan adanya apel kesiapsiagaan ini diharapkan personil yang terlibat dalam Satgas Aman Nusa II tahun 2017 Polres Singkawang menjadi personel yang dapat digerakkan sewaktu-waktu pada saat bencana alam," ujarnya, Jumat (8/12/2017).

(Baca: Wow Motor Tua Astrea Grand Ini Antar Roland Naik Podium Kejurda Motorprix Seri 3 Singkawang )

Di provinsi Kalimantan Barat, menurutnya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung yang paling sering terjadi. Diantaranya menurut dia seperti yang terjadi di daerah Kabupaten Landak, Bengkayang, Sintang dan Putussibau.

"Jumlah curah hujan yang semakin meningkat di daerah Kalbar khususnya, mengakibatkan dampak negatif berupa banjir Rob di daerah Kabupaten Landak dan Bengkayang, termasuklah Singkawang. Sehingga sangat membutuhkan perhatian khusus bagi pemerintah daerah provinsi dan aparat TNI/Polri guna membantu perkuatan da lam mengevakuasi serta pendistribusian bantuan," lanjutnya.

Untuk mencapai pelaksanaan penanggulangan dan penanganan bencana yang baik dan terkoordinir, sambil menunggu pelaksanaan penugasan maka diakuinya perlu laksanakan pelatihan penyelamatan dan pertolongan korban bencana, asah kemampuan SAR dan kerjasama team.

"Karena kebiasaan dalam latihan team akan mempermudah dan memunculkan kekompakan team dalam pelaksanaan tugas yang sebenarnya," tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Burhanuddin mengatakan, jika pihaknya rutin berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi cuaca.

"Hasil koordinasi kita bahwa masih ada hujan sedang dan lebat yang diiringi angin sedang di Singkawang," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan siaga, serta waspada terhadap cuaca ekstrim sekarang ini.

"Lebih baik di rumah daripada keluyuran yang tidak penting dan jauhi pohon yang tinggi, bukit gundul dan laut karena gelombang agak tinggi saat ini," pintanya.

Penulis: Try Juliansyah Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Dihukum Hingga Bajunya Nyaris Terlucut, Sosok Ini Punya Motif Terselubung saat Layani Driver Ojol Sumber: Google News | Liputan 24 Putussibau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »