Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Awas Dana Cukong

Posted by On 7:18 PM

Awas Dana Cukong

Liputan Khusus

Awas Dana Cukong

Meskipun dilaporkan, menurut saya laporan dana kampanye itu bisa dibuat dan artinya auditor bisa saja dikelabui.

Awas Dana CukongTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKADekan Fisip Untan Pontianak, Dr Sukamto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dr Sukamto, Pengamat Politik Untan, mengatakan memang setiap demokrasi memerlukan biaya yang besar, tak hanya di Indonesia. Faktor biaya juga sangat menentukan bagus tidaknya sebuah pesta demokrasi dan tergantung modal juga untuk menghasilkan pemimpin yang seperti apa.

Makanya setiap kandidat yang mau maju harus memiliki modal. Demokrasi itu tidak terlepas dari biaya-biaya politik. Dengan memiliki modal yang cukup, diharapkan para kandidat ini tak mengharapkan dana-dana dari pihak ketiga atau cukongkah namanya.

Dengan menggunakan modal sendiri tanpa mengharapkan bantuan dana dari cukong, maka kita berharap akan menghasilkan pemimpin yang independen ke depannya dalam mengambil kebijakan.

Menurut saya, selama para kandidat memerlukan bantuan modal untuk Pilkada dari pihak lain, pihak ketiga atau cukong atau apapun namanya selama itu juga saya yakin para kandidat tersebut tak mungkin bisa independen dan mandiri dalam mengambil keputusannya.

(Baca: Laka Maut di Jeruju Renggut Satu Nyawa, Korbannya Remaja Pria Berusia 15 Tahun )

Pasti segala kebijakannya dipengaruhi oleh orang-orang pihak ketiga yang memberikan dana tersebut. Oleh karena itu memang sebaiknya para kandidat ini harus orang-orang yang bermodal dan tidak mengharapkan bantuan dari pihak manapun.

Ketika ia terpilih menjadi seorang pimpinan, bisa independen dan mandiri dalam mengambil keputusan dan mampu idealisme. Selama ini saya pikir memang di Indonesia para kandidat memang belum punya modal yang cukup.

(Baca: Viral! Ustaz Bachtiar Nasir Minum Kencing dan Susu Unta, Ini Komentar Warganet )

Hampir rata-rata kandidat membutuhkan bantuan modal dari pihak lain. Makanya fenomena dana dari pihak ketiga itu masih banyak terjadi. Sedikit banyak, kebijakan mereka nantinya dipengaruhi oleh penopang dana.

Meskipun dilaporkan, menurut saya laporan dana kampanye itu bisa dibuat dan artinya auditor bisa saja dikelabui. Kita butuh auditor profesional untuk dapat mengejar hinggga ke dasar modal politik itu dari mana.

Kalau kita mau menghasilkan pemimpin yang baik, pemimpin yang berkualitas, maka memang butuh orang yang memiliki modal yang cukup. Dia tidak mengharapkan bantuan pihak ketiga, sehingga nantinya akan bisa mengambil keputusan secara independen.

Penulis: Syahroni Editor: Jamadin Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Detik-detik Penangkapan Brigadir Jumadi, Oknum Polisi yang Bawa Kabur Uang Rp 10 Miliar Sumber: Google News | Liputan 24 Pontianak

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »