Inflasi Pontianak Lebih Rendah Dibanding Singkawang, Berikut ... | Liputan 24 Kalimantan Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Inflasi Pontianak Lebih Rendah Dibanding Singkawang, Berikut ...

Posted by On 1:22 PM

Inflasi Pontianak Lebih Rendah Dibanding Singkawang, Berikut ...

Inflasi Pontianak Lebih Rendah Dibanding Singkawang, Berikut Komoditi Yang Turun Harga

Inflasi di Kalbar sepanjang 2017 melanjutkan tren inflasi rendah yang telah berlangsung sejak tahun lalu...

Inflasi Pontianak Lebih Rendah Dibanding Singkawang, Berikut Komoditi Yang Turun HargaTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINISuasana rilis Berita Resmi Statistik

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Inflasi nasional selama tiga tahun terakhir berhasil dikendalikan sesuai dengan target pemerintah.

Sementara inflasi di Kalbar sepanjang 2017 melanjutkan tren inflasi rendah yang telah berlangsung sejak tahun lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Barat melalui Berita Resmi Statistik merilis inflasi Kota Pontianak pada Desember 2017 mengalami inflasi sebesar 0,50 persen.

Kepala BPS Provinsi Kalbar, Pitono mengatakan angka tersebut memang mengalami kenaikan dibandingkan November dimana Kota Pontianak mengalami deflasi -0,25 persen.

Baca: Terendah se-Kalimantan, Ini Angka Inflasi Kota Pontianak Pada Desember 2017 Lalu

Meski pada Oktober 2017 lalu Kota Pontianak mengalami deflasi -0,34 persen dan pada Agustus Kota Pontianak inflasi sebesar 0,14 persen dengan indeks Harga Konsumen (IHK) 139,80, Pitono menyebut pada Desember 2017 inflasi Kota Pontianak masih terkendali.

"Adapun tingkat inflasi Kalbar tahun kalender Januari-November 2017 mencapai 3,86 persen. Sementara secara year on year (Desember 2016-Desember 2017) tingkat inflasi Kota Pontianak tercatat sebesar 3,86 persen. Angka inflasi Kota Pontianak se besar 0,50 persen merupakan angka inflasi terendah dibandingkan 8 kota lain di Kalimantan. Kota Tanjung menjadi kota dengan inflasi tertinggi yaitu sebesar 1,58 persen dan Kota Singkawang menempati urutas ke empat dengan inflasi sebesar 0,86 dan Kota Pontianak terendah," ujar Pitono.

Pitono mengatakan inflasi menurut data yang ada terjadi karena adanya kenaikan indeks pada tiga kelompok pengeluaran, penurunan indeks pada dua kelompok pengeluaran. Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks yaitu kelompok bahan makanan 1,46 persen, kelompok kesehatan 0,29 persen dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan 0,91 persen.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau -0,01 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar -0,01 persen. Sedangkan kelompok yang tidak mengalami perubahan indeks yaitu kelompok sandang dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga.

"Komoditas yang mengalami kenaikan harga tertinggi secara berurutan pada Desember 2017 adalah angkutan udara, sotong, sawi hijau, tomat sayur, daging babi, kembung/gembung, wortel, bayam, beras, cabai rawit. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga tertinggi secara berurutan pada Desember 2017 adalah jeruk, anggur, apel, udang basah, kangkung, telur ayam ras, gala pasir, papaya dan susu untuk balita," ujar Pitono.

Penulis: Maskartini Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Tabrakan Lawan Suzuki Ertiga, Mobil Patwal Polisi Hancur, Sebabkan Kemacetan Total Sumber: Google News | Liputan 24 Pontianak

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »