Kapolsek Meliau Hadiri Rapat Rencana Beroperasinya PT PPC, Ini ... | Liputan 24 Kalimantan Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kapolsek Meliau Hadiri Rapat Rencana Beroperasinya PT PPC, Ini ...

Posted by On 4:57 PM

Kapolsek Meliau Hadiri Rapat Rencana Beroperasinya PT PPC, Ini ...

Kapolsek Meliau Hadiri Rapat Rencana Beroperasinya PT PPC, Ini Yang Dibahas

Agar perusahaan memperhatikan lingkungan khususnya air jangan sampai tercemar karena masih banyak warga yang memakai air sungai.

Kapolsek Meliau Hadiri Rapat Rencana Beroperasinya PT PPC, Ini Yang DibahasISTIMEWAKapolsek Meliau, IPTU M Pardosi dan Muspika, DAD, MABM saat menghadiri rapat sosialisasi rencana beroperasinya kembali PT PPC (Persada Pratama Cemerlang) di ruangan rapat kantor Camat Meliau, Selasa (9/1).

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kapolsek Meliau, IPTU M Pardosi menghadiri rapat sosialisasi rencana berope rasinya kembali PT PPC (Persada Pratama Cemerlang) di ruangan rapat kantor Camat Meliau, Selasa (9/1).

Rapat tersebut merupakan tanggapan dari surat permintaan PT PPC kepada Camat Meliau untuk memfasilitasi sosialisasi akan beroperasinya kembali PT PPC.

“PT PPC merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tambang bauksit yang beroperasi di lima Desa (desa Meliau Hulu, desa Meranggau, desa Enggadai, desa Lalang dan desa Kunyil) yang kesemuanya berada diwilayah kecamatan Meliau, ” kata Kapolsek Meliau, IPTU M Pardosi.

Dikatakanya, Perusahaan ini sebelumnya sudah pernah beroperasi sekira enam tahun yang lalu, tetapi dua tahun beroperasi harus berhenti karena terbentur dengan terbitnya peraturan baru tentang tambang.

(Baca: Jabat Kasi Pidsus Kejari Sambas, Ini Terobosan Martha Evalina )

“Seiring dengan perjalanan waktu, akhirnya perusahaan membenahi perijinan yang diwajibkan oleh Pemerintah, ” tuturnya.

Rapat dihadiri Mu spika Meliau, Camat Meliau, Danramil dan Kapolsek, Ketua DAD (Dewan Adat Dayak) dan Ketua MABM (Majelis Adat Budaya Melayu) kecamatan Meliau, Management PT PPC serta para Kades dan warga yang wilayahnya terkena operasi PT PPC.

Rapat berlangsung sangat alot. Secara umum, beberapa harapan dari para Kades, tokoh Adat warga, diantaranya, agar perusahaan menghormati kearifan lokal dan adat istiadat dalam menjalankan kegiatannya.

“Agar perusahaan memperhatikan lingkungan khususnya air jangan sampai tercemar karena masih banyak warga yang memakai air sungai. Agar dalam merekrut tenaga kerja, perusahaan mempekerjakan warga lokal daerah sekitar perusahaan beroperasi, ” ujarnya.

Selain itu, agar perusahaan benar-benar tepat sasaran dalam memberikan ganti rugi/pembelian lahan kepada warga supaya tidak menimbulkan permasalahan.

“Dari pihak Management perusahaan merespon akan proaktif dalam menyikapi harapan-harapan yang disampaikan para undangan rapat, ” jela snya.

Dalam kesempatan itu juga,Kapolsek memberikan pesan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) agar pihak perusahaan membangun koordinasi, komunikasi dan silaturahmi dengan Muspika, aparat desa, tokoh Adat dan warga agar tidak terjadi salah paham.

“Disamping itu, keberadaan perusahaan harus memberikan keuntungan bagi warga sekitar, ” pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius Editor: Jamadin Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Kronologi Permintaan Cerai Ahok atas Veronica di Rutan, Ahok Justru Minta Kuasa Hukumnya Tetap Kuat Sumber: Google News | Liputan 24 Sanggau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »