Mencicipi kuliner legendaris di Pontianak | Liputan 24 Kalimantan Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Mencicipi kuliner legendaris di Pontianak

Posted by On 12:39 AM

Mencicipi kuliner legendaris di Pontianak

Pontianak
Pontianak | /Shutterstock

Pontianak memang kota yang unik. Ibu kota Kalimantan Barat tersebut dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilewati oleh garis ekuator yang membagi bumi. Tak hanya itu saja, Pontianak juga dilalui oleh sungai terpanjang di Indonesia, yakni Sungai Kapuas.

Kota Pontianak juga menyimpan pesona wisata yang belum diketahui banyak orang. Kotanya tidak terlalu ramai dan memiliki ragam objek wisata yang menarik, mulai dari situs budaya, situs sejarah, pantai, hingga air mancur yang indah.

Selain itu, Pontianak juga terkenal akan ragam kuliner lezat dengan rasanya yang khas dan tak ditemui di kota lain. Sayang rasanya jika berkunjun g ke Pontianak tanpa mencicipi aneka kuliner ternama yang terdapat di sana. Berikut rekomendasi kuliner yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke kota tersebut.

Es Krim Petrus

Gambar hanya ilustrasi
Gambar hanya ilustrasi | /Shutterstock

Sebagai kota yang dilalui garis khatulistiwa, Pontianak memiliki iklim tropis dengan kelembaban yang cukup tinggi. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan cuacanya yang panas saat berkunjung ke sana. Segarkan diri Anda dengan menyantap Es Krim Petrus yang merupakan penjual es krim legendaris di Pontianak.

Es Krim Petrus sudah berjualan sejak 60 tahun lalu dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Tempat berjualannya di depan teras rumah yang sederhana. Warga lokal lebih mengenalnya sebagai Es Krim Angi, namun karena lokasi berjualannya berada di depan sekolah SMP-SMA Petrus, maka nama “Petrus” terus melekat dan lebih dikenal hingga saat ini.

Di sini Anda dapat mencicipi es krim dengan enam pilihan rasa yaitu coklat, stroberi, cempedak, nangka, durian dan vanila. Selain rasa es krimnya yang lembut dan manisnya pas, Es Krim Petrus terkenal karena cara penyajiannya yang unik dengan menggunakan batok kelapa muda sebagai wadahnya.

Yam mie Pontianak (non-halal)

Gambar hanya ilustrasi
Gambar hanya ilustrasi | Shutterstock

Yam mie atau bakmi kepiting Pontianak merupakan salah satu kuliner khas Pontianak yang paling terkenal. Jika berkunjung ke Kota Khatulistiwa tentu kuliner yang satu ini tak b oleh dilewatkan. Yam mie terkenal karena memiliki topping yang berbeda dari bakmi pada umumnya.

Satu porsi Yam Mie dilengkapi dengan bakso ikan, udang, kulit babi, daging babi cincang, dan daging kepiting. Isinya yang beragam membuat Yam Mie memiliki cita rasa yang kaya dan unik. Ada banyak penjual Yam Mie terkenal di Pontianak, namun yang paling ramai dicari orang adalah Yam mie Oukie, Yam mie Tunggu, dan Yam mie Ju hui.

Kwetiau Apollo

Gambar hanya ilustrasi
Gambar hanya ilustrasi | Shutterstock

Kwetiau Apollo merupakan salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak 1968. Lokasinya berada di Jalan Patimura, Pontianak. Karena kelezatannya, nama Apollo sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun manca negara. Apollo menawarkan menu kwetiau goreng dengan campuran daging sapi, babat, dan kikil sebagai pelengkapnya. Daging dan jeroan sapi sudah direbus terlebih dahulu sehingga terasa sangat lembut. Resep utama kelezatannya adalah saus khusus dan kecap yang membuat rasanya gurih dan lezat. Kwetiau Apollo memiliki ciri khas khusus, yaitu disajikan dengan sedikit basah atau biasa kita kenal sebagai kwetiau bun.

Bubur Pedas Pontianak

Bubur pedas merupakan makanan khas suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat yang cukup populer di kalangan wisatawan. Jangan terkecoh oleh namanya, sebenarnya bubur ini tidak memiliki rasa pedas sama sekali. Kata “pedas” merupakan perumpamaan suku Melayu Sambas untuk sayuran dan rempah dalam bubur tersebut.

Penampakan bubur pedas juga tidak sama dengan bubur lain yang terbuat dari beras. Sekilas, bubur pedas memiliki tampilan seperti sop dengan isi ragam sayuran. Bubur pedas memiliki rasa segar yang berasal dari kangkung, daun pakis, jag ung, kentang, daun kunyit, dan daun kesum. Sebagai pelengkap, bubur pedas ditambahkan kacang dan ikan teri goreng yang membuat rasanya gurih. Salah satu penjual bubur pedas paling terkenal di Pontianak adalah Bubur Pedas Pak Ngah yang terletak di jalan Kom. Yos Sudarso, Gang Jagung, Nomor 1.

Selain kuliner legendaris di atas, masih banyak lagi aneka kuliner lain yang dapat Anda eksplorasi saat berlibur ke Pontianak. Rencanakan perjalanan berlibur dengan lebih hemat bersama Airy. Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dan penginapan murah dengan mengunjungi situs www.airyrooms.com.

Serba-serbi kota Pontianak
Serba-serbi kota Pontianak | Gary RJ /Beritagar.id
Sumber: Google News | Liputan 24 Pontianak

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »