Kirab Budaya Grebek Syuro Paguyuban Jawa Kalbar Ramaikan ... | Liputan 24 Kalimantan Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kirab Budaya Grebek Syuro Paguyuban Jawa Kalbar Ramaikan ...

Posted by On 9:43 PM

Kirab Budaya Grebek Syuro Paguyuban Jawa Kalbar Ramaikan ...

Kirab Budaya Grebek Syuro Paguyuban Jawa Kalbar Ramaikan HUT Kota Pontianak

Kirab Budaya Grebek Suro ini akan Mengiring Gunungan yang berisi semua hasil Bumi yang ada di Kalimantan Barat

Kirab Budaya Grebek Syuro Paguyuban Jawa Kalbar Ramaikan HUT Kota PontianakTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIAPaguyuban Jawa Kalimantan Barat akan laksanakan Tradisi Grebeg Syuro sebagai Penutup Tradisi Masyarakat Jawa di Bulan Suro atau Muharam dalam Penanggalan Jawa 1951 Saka atau 2018 Masehi, Sabtu (29/9/2018) mendatang.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Paguyuban Jawa Kalimantan Barat akan laksan akan Tradisi Grebeg Syuro sebagai Penutup Tradisi Masyarakat Jawa di Bulan Suro atau Muharam dalam Penanggalan Jawa 1951 Saka atau 2018 Masehi, Sabtu (29/9/2018) mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Paguyuban Jawa Kalbar, H Sadimo Yitno Peorbowo di dampingi Ketua Panitia Grebeg Suro 2018 Ragil Sutomo pada rapat persiapan di Sekretariat Paguyuban Jawa Kalbar Jl. Putri Candramidi Gg. Sukarame no 9 A pontianak, Minggu (23/9/2018).

Baca: Tim Dayung Mempawah A, Jawara‎‎ TNI Dragon Boat Race 2018

Baca: Bupati Citra Duani Minta Pegawai Tak Sering Keluar Kota Tiap Akhir Pekan, Ini Komentar Warga

“Kegiatan Grebeg Suro ini juga dirangkaikan dengan Peringatan HUT Kota Pontianak, "kita laksanakan Kirab Budaya dan Karnaval Seni Budaya Jawa sebagai Penutup Tradisi Adat Masyarakat Jawa di Bulan Suro dalam Penanggalan Jawa di Tahun 1951 Saka/2018 M,” jelas Sadimo.

Kirab Budaya Grebek Suro ini akan Mengiring Gunun gan yang berisi semua hasil Bumi yang ada di Kalimantan Barat, berasal dari Bumi Khatulistiwa, yang melambangkan kemakmuran, Pluralisme Persatuan dan Kesatuan yang ada di Kalimantan Barat.

Gunungan akan menjadi milik bersama Masyarakat Kalimantan Barat dari semua Etnis dan Budaya yang ada, dengan di bagikan kepada semua warga yang hadir dimaknai akan menjadi jalinan pemersatu antar semua warga masyarakat Kalimantan Barat.

Selain itu juga akan ada Kereta Kencana yang membawa Ketua Umum Paguyuban Jawa Kalbar beserta Istri sebagai tanda patuh dan taat kepada pimpinan, baik Pemeritahan maupun Sesepuh ataupun yang disepuhkan.

Diperkirakan ada 25 Kelompok Paguyuban dan Kesenian yang berasal dari Seluruh Kelompok Kesenian Masyarakat Jawa di Kalimantan Barat, dan 1000 orang peserta antara lain Kelompok Baju adat dan Budaya Jawa, Kelompok Campur sari, Kelompok Jamu Gendong, Paguyuban Reog Wonogiri, Paguyuban Turonggo Punggowo Mudo, Paguyuban Jenggot Singo Lodro, Paguyuba n Ikawangi, Paguyuban Wonigiri, Paguyuban Blora PERARA, Paguyuban Jogjakarta, Paguyuban Karya Budaya, Paguyuban Satrio Mudo Joyo, Paguyuban Adi Mulyo Budoyo, Paguyuban Turonggo Mekar Budoyo, Paguyuban Turonggo Tanjung Saputro, Paguyuban Turonggo Safitri Budoyo, Paguyuban Margo Tresno, Paguyuban Laras Budoyo , Paguyuban Turonggo Wahyu Budoyo, Paguyuban Tambak Sejahtera, Pencak Silat Setia Hati Terate, Pencak Silat Wekasab, Pencak Silat Pesinas ASAD.

“Kita akan meramaikan Agenda HUT Kota Pontianak yang juga bersamaan dengan Agenda Tahunan Paguyuban Jawa yaitu Grebeg Suro, kirab budaya ini juga akan akhiri dengan Pagelaran Seni dan Budaya,” Kata Sutomo.

Sutomo berharap Kegiatan Grebeg Suro ini bisa menjadi Agenda Wisata di Kalimantan Barat dan bukti kekayaan Budaya yang ada di Kalimantan Barat, dan bisa juga menjadi pengobat rindu kampung halaman bagi warga Jawa yang ada di perantauan, serta sebagai Pengetahuan bagi warga Kalbar tentang seni Budaya Jawa.

“Kam i berharap dengan Kegiatan ini semua bisa mengetahui tentang Kayanya Adat Budaya yang ada di Indonesia, salah satunya Budaya Jawa dan itu juga di rawat dan dilestarikan di sini di Kalimantan Barat,” Pungkas Sutomo.

Paguyuban Jawa Kalbar akan menampilkan semua Kesenian Masyarakat jawa dari seluruh Kalimantan Barat dengan melibatkan 1000 orang dalam kirab budaya Grebeg Suro dan HUT Kota Pontianak.

Editor: Dhita Mutiasari Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong Sumber: Berita Kalimantan Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »