Potensi Curah Hujan Meningkat, Karhutla Dapat Diminimalisir | Liputan 24 Kalimantan Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Potensi Curah Hujan Meningkat, Karhutla Dapat Diminimalisir

Posted by On 6:51 PM

Potensi Curah Hujan Meningkat, Karhutla Dapat Diminimalisir

Potensi Curah Hujan Meningkat, Karhutla Dapat Diminimalisir

Kondisi iklim di wilayah Kalimantan Barat, berdasarkan pengamatan dari UPT BMKG wilayah Kalimantan Barat

Potensi Curah Hujan Meningkat, Karhutla Dapat DiminimalisirISTIMEWAPrakiraan Cuaca di Mempawah, Selasa (11/09/2018).

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kondisi iklim di wilayah Kalimantan Barat, berdasarkan pengamatan dari UPT BMKG wilayah Kalimantan Barat terpantau bahwa selama 5 hari terakhir ini (21-25 September 2018)

Arah angin dominan dari arah Timur Laut hingga Barat Daya Kecepatan angin lebih rendah 0.5 â€" 1 m/det dari rata-ratanya. Kec epatan angin terbesar 9 m/det (Stasiun Meteorologi Ketapang).

Suhu udara menyimpang sebesar 0.3 â€" 1.2 ºC dari rata-ratanya. Suhu udara tertinggi sebesar 36.0ºC (Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak).

Curah hujan lebih rendah dari normalnya sebesar 15-30 mm/pentad.

Akumulasi curah hujan pada 5 hari terakhir di wilayah Kalimantan Barat pada umumnya terjadi penurunan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya anomali suhu muka laut di sekitar Kalimantan Barat berkisar 0.3 â€" 0.5ºC sehingga menyebabkan potensi produktivitas uap air dan awan menjadi cukup signifikan pada lima hari terakhir, namun adanya typhoon “Trami” mengakibatkan massa udara di wilayah Kalimantan Barat bergerak menuju sistem Typhoon tersebut.

Kondisi ENSO dinyatakan netral hingga El Nino lemah, sedangkan dipole mode dalam kondisi netral. Pada 5 hari terakhir, kembali terjadi peningkatan titik panas di wilayah Kalimantan Barat, berdasarkan pantauan terdapat 187 lokasi tit ik panas (akumulasi 5 hari).

Baca: DPRD Kabupaten Sambas, Dijadwalkan Laksanakan Rapat Paripurna Pengesahan RAPBD-P 2018


Secara umum curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada 5 hari ke depan (26 -30 September 2018) diprakirakan berkisar antara 50 â€" 70 mm/pentad, dimana wilayah pesisir diprakirakan terjadi curah hujan yang lebih rendah dibanding wilayah hulu.

Gerak semu matahari bergerak melewati equinox dari utara menuju selatan diprakirakan masih akan memberikan dampak peningkatan suhu udara di wilayah Kalimantan Barat pada 5 hari ke depan lebih tinggi dari normalnya berkisar antara 26.0 ºC hingga lebih dari 34.0ºC.

Waspada terhadap potensi suhu udara yang memanas hingga lebih dari 34.0°C, terutama bagi yang akan melakukan kegiatan di lapangan/luar ruangan serta peningkatan curah hujan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya karhutla di Kalimantan Barat.

Masyarakat diharapkan mengikuti perkembangan iklim terkini gu na perencanaan aktivitas dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Penulis: Hamdan Darsani Editor: madrosid Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Sebentar Lagi Menikah, Mahasiswi di Bone Diculik Mantan Pacar, Begini Kronologinya Sumber: Berita Kalimantan Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »