GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Sutarmidji Harap Dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda ...

Sutarmidji Harap Dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda ...

Sutarmidji Harap Dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda Sebagai Mitra Strategis Pemda Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji sangat mengharapkan peran serta dan dukunga…

Sutarmidji Harap Dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda ...

Sutarmidji Harap Dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda Sebagai Mitra Strategis Pemda

Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji sangat mengharapkan peran serta dan dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda

Sutarmidji Harap Dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda Sebagai Mitra Strategis PemdaTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINOGubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji mendampingi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla tinjau display anggrek khas Kalbar saat hadiri pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat Periode 2018-2023 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (30/10/2018).

Laporan Wartawan Tribun Pontiana k, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji sangat mengharapkan peran serta dan dukungan Dekranas Pusat dan Dekranasda baik tingkat kabupaten/kota di Kalimantan Barat untuk dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat, terutama melalui peningkatan daya saing dan regenerasi perajin hingga ke seluruh wilayah Kalbar.

"Peningkatan daya saing dan regenerasi perajin akan turut membantu perkembangan sektor lainnya seperti pariwisata, industri dan perdagangan daerah," ungkapnya saat pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat Periode 2018-2023 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (30/10/2018).

Baca: IMTEK: Sumpah Pemuda Momentum Penting Untuk Jaga Persatuan Dan Konsolidasi Pemekaran KSU

Sutarmidji menambahkan saat ini tingkat rata-rata pendapat an perkapita nasional telah mencapai Rp 51,89 juta pada tahun 2017 dengan pertumbuhan kelas menengah yang sangat pesat merupakan potensi pasar produk-produk kerajinan.

"Pertumbuhan permintaan pasar dunia atas produk-produk kejadian untuk home decore dan aksesoris juga cukup tinggi," terangnya.

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini menimpali kerajinan atau kriya merupakan satu dari 16 sub sektor industri/ekonomi kreatif di Indonesia yang diharapkan menjadi salah satu diantara tulang punggung ekonomi Indonesia ke depan, selain pariwisata.

"Di dunia sudah terbukti, industri kreatif berkembang sangat pesat dan hampir tidak terpengaruh krisis ekonomi dunia," jelasnya.

Midji mengatakan di daerah perkotaan, mempunyai sumber daya manusia lebih baik dan fungsi kota sebagai pusat jasa. Potensi kerajinan akan tumbuh dan berkembang di kalangan anak muda yang penuh kreativitas, inovasi dan telah melek, serta punya akses kepada teknolo gi informasi dan komunikasi (ICT).

"Saat ini yang perlu dilakukan adalah merangkul dan mengarahkan mereka untuk menekuni sub sektor kerajinan dan dapat membangun networking baik dalam peningkatan design, produksi, permodalan hingga pemasaran," katanya.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino Editor: madrosid Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Video PilihanSumber: Berita Kalimantan Barat

No comments